Senin, 11 Januari 2010

UTS Network Security

UTS NETWORK SECURITY

SOAL

1. Sebutkan dan jelaskan secara detail aspek-aspek dalam keamanan computer !

2. Buat enkripsi menggunakan vigenere dengan plaintext nama lengkap (tidak disingkat) dan keys nya tentukan sendiri (memiliki makna, dan bukan nama sendiri sebagai keys nya)

3. Analisa cari kelebihan dan kekurangan antara windows vs linux dari segi aspek keamanan.

4. Sebutkan 15 port yang digunakan untuk aplikasi untuk berkomunikasi antara TX dan RX.

JAWABAN

1. Aspek-aspek dalam keamanan computer :

· PCIAA atau Privacy adalah segala sesuatu yang bersifat kerahasiaan pribadi.

· Confidentiality adalah segala sesuatu yang menyangkut kepercayaan atau merupakan usaha untuk menjaga informasi dari orang yang tidak berhak mengakses. Confidentiality biasanya berhubungan dengan informasi yang diberikan ke pihak lain.

· Integrity adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan integritas. Keaslian pesan yang dikirim melalui sebuah jaringan dan dapat dipastikan bahwa informasi yang dikirim tidak dimodifikasi oleh orang yang tidak berhak dalam perjalanan informasi tersebut.

· Authentification adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan otentifikasi atau pembuktian agar penerima informasi dapat memastikan keaslian pesan tersebut datang dari orang yang dimintai informasi, dengan kata lain informasi tersebut benar-benar dari orang yang dikehendaki.

· Avaliability adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan ketersediaan terhadap hak. Spek availability atau ketersediaan berhubungan dengan ketersediaan informasi ketika dibutuhkan. Sistem informasi yang diserang atau dijebol dapat menghambat atau meniadakan akses ke informasi.

· Nonrepudiation merupakan hal yang yang bersangkutan dengan sipengirim, sipengirim tidak dapat mengelak bahwa dia lah yang mengirim informasi tersebut.

· Authority : Informasi yang berada pada sistem jaringan tidak dapat dimodifikasi oleh pihak yang tidak berhak atas akses tersebut.

· Access Control : Aspek ini berhubungan dengan cara pengaturan akses kepada informasi. Hal ini biasanya berhubungan dengan masalah authentication dan juga privacy. Access control seringkali dilakukan dengan menggunakan kombinasi user id dan password atau dengan menggunakan mekanisme lainnya.

2. Enkripsi menggunakan vigenere :

Rumus

A

B

C

D

E

F

G

H

I

J

K

L

M

N

O

P

Q

R

S

T

U

V

W

X

Y

Z

0

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

Penyelesaian

Plaintext

I

K

O

M

A

N

G

S

U

M

A

R

I

Y

A

N

A

8

10

14

12

0

13

6

18

20

12

0

17

8

24

0

13

0

Keys

P

U

L

A

U

B

A

L

I

A

K

U

I

N

D

A

H

15

20

11

0

20

1

0

11

8

0

10

20

8

13

3

0

7


23

30

25

12

20

14

6

29

28

12

10

37

16

37

3

13

7

MOD 26

23

4

25

12

20

14

6

3

2

12

10

11

16

11

3

13

7

Hasil Enkripsi

X

E

Z

M

U

O

G

D

C

M

K

L

Q

L

D

N

H

Plaintext yang saya gunakan adalah “I KOMANGSUMARIYANA” dan keys nya saya gunakan “PULAUBALIAKUINDAH” dan hasil enkripsinya adalah : “XEZMUOGDCMKLQLDNH


3. Kelebihan dan kekurangan antara windows vs linux dari segi aspek keamanan :

· Windows

Kelebihan :

a. Dengan menggunakan Remote Assistence kita dapat memonitor kerusakan komputer yang terjadi pada komputer lain dari jarak jauh melalui internet.

b. Memiliki sistem keamanan yang dapat digunakan untuk melindungi folder-folder khusus agar dapat digunakan oleh pemiliknya sendiri.

c. Instalasi software masih mudah dibandingkan dengan instalasi di sistem operasi yang lain.

d. Windows XP dapat digunakan untuk berbagi aplikasi secara real time ke seluruh dunia.

Kekurangan :

a. Rentan virus dan hacking

MS Windows telah dikenal banyak memiliki bug yang menyebabkan orang lain yang tidak berhak dapat masuk ke dalam komputer Anda dan mengacak-acak isi dokumen Anda. Disamping itu, banyak virus komputer yang menyerang sistem operasi ini. Anda harus perhitungkan hal tersebut di atas.

b. Sistem yang kurang stabil

Pada MS Windows (kecuali MS Windows 2000 yang lebih baik dibandingkan Win 9.x/Me), semakin banyak aplikasi yang Anda instal dan semakin banyak hardware yang tertancap di komputer Anda, maka kemungkinan besar akan terjadi konflik, baik konflik antar hardware atau software maupun konflik antara software dengan hardware. Hal ini dapat mengganggu pekerjaan Anda, terlebih lagi jika Windows Anda ngadat karena hal ini, pekerjaan Anda akan terganggu.

c. Closed source.

Jika ada celah dalam windows, konsumen hanya bisa menunggu pihak dari microsoft menutup celah tersebut, hal disebabkan karena windows bersifat closed source .

· Linux

Kelebihan :

a. Tingkat kemanan lebih tinggi

Linux memiliki hak akses yang dapat diatur oleh administrator Linux tersebut. Jadi, data yang ada pada PC Linux bisa dijaga dari tangan jahil yang ingin melihat data Anda. Selain itu, Linux mengharuskan login terlebih dahulu jika ingin masuk ke dalam sistemnya. Berbeda dengan MS Windows 9.x/Me yang membolehkan siapa saja masuk ke dalam sistemnya.

b. Relatif lebih kebal terhadap virus

Sistem berbasis UNIX lebih kebal terhadap virus komputer (kecuali saat ini telah ada virus yang merusak, namun itu sangat sedikit sekali jumlahnya dan bisa dibasmi dengan antivirus Linux). Jika ada virus yang telah diprogram untuk merusak sistem MS Windows, hal ini tidak dapat dilakukan olehnya pada Linux. Karena keduanya memiliki kernel yang berbeda.

c. Stabil

Komputer yang dijalankan di atas sistem operasi UNIX sangat dikenal stabil berjalan tanpa henti. Linux, yang merupakan varian dari UNIX, juga mewarisi kestabilan ini. Jarang ditemui, komputer yang tiba-tiba hang dan harus menekan tombol Ctrl-Alt-Del atau Restart untuk mengakhiri kejadian tersebut.

Kekurangan :

Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.

4. Port yang digunakan untuk aplikasi untuk berkomunikasi antara TX dan RX :

a. Port 80, Web Server. Port ini biasanya digunakan untuk web server, jadi ketika user mengetikan alamat IP atau hostname di web broeser maka web browser akan melihat IP tsb pada port 80.

b. Port 81, Web Server Alternatif. Port 81, Web Server Alternatif.

c. Port 21, FTP Server. Ketika seseorang mengakses FTP server, maka ftp client secara default akan melakukan koneksi melalui port 21 dengan ftp server.

d. Port 22, SSH Secure Shell. Port ini digunakan untuk port SSH

e. Port 23, Telnet. Jika anda menjalankan server telnet maka port ini digunakan client telnet untuk hubungan dengan server telnet

f. Port 25, SMTP(Simple Mail Transport Protokol). Ketika seseorang mengirim email ke server SMTP anda, maka port yg digunakan adalah port 25.

g. Port 2525 SMTP Alternate Server. Port 2525 adalah port alternatifi aktif dari TZO untuk menservice forwarding email. Port ini bukan standard port, namun dapat diguunakan apabila port smtp terkena blok..

h. Port 110, POP Server. Jika anda menggunakan Mail server, user jika log ke dalam mesin tersebut via POP3 (Post Office Protokol) atau IMAP4 (Internet Message Access Protocol) untuk menerima emailnya, POP3 merupakan protokol untuk mengakses mail box.

i. Port 119, News (NNTP) Server.

j. Port 143, IMAP4 Server. IMAP4 atau Pesan Akses Internet Protocol semakin populer dan digunakan untuk mengambil Internet Mail dari server jauh.Disk lebih intensif, karena semua pesan yang disimpan di server, namun memungkinkan untuk mudah online, offline dan diputuskan digunakan.

k. Port 443, Secure Sockets Layer (SSL) Server. Ketika Anda menjalankan server yang aman, SSL Klien ingin melakukan koneksi ke server Anda Aman akan menyambung pada port

l. 443. This port needs to be open to run your own Secure Transaction server.
Port 445, SMB over IP, File Sharing. Kelemahan windows yg membuka port ini. biasanya port ini digunakan sebagai port file sharing termasuk printer sharing, port inin mudah dimasukin virus atau worm dan sebangsanya

m. Ports 1503 and 1720 Microsoft NetMeeting and VOIP. MS NetMeeting dan VOIP memungkinkan Anda untuk meng-host Internet panggilan video atau lainnya dengan.

n. Port 981/TCP
SoftWare Technologies Remote HTTPS management for firewall devices running embedded Check Point FireWall-1 software Unofficial

o. Port 5900, Virtual Network Computing (VNC). Bila Anda menjalankan VNC server remote kontrol ke PC Anda, menggunakan port 5900. VNC berguna jika anda ingin mengontrol remote server.

Atau dapat di download langsung disini

0 komentar:

Posting Komentar

 

Daftar My Campus





My Campus Club

Komentator





© Free Blog Templates Copyright by Myanaa | Template by Blogger Templates Blog-HowToTricks